Paradigma Pembelajaran Bahasa Arab (Analisis Kontrastif Metode Pembelajaran Konvensional dan Kontemporer)
Muhammad A'inul Haq(1), Slamet Mulyani(2*), Ahmad Sholeh(3),
(1) Universitas Kiai Abdullah Faqih Gresik, Indonesia
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(3) Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru, Indonesia
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.56113/takuana.v2i1.71
Abstract
Keywords
Arabic; Teaching Methods; Conventional; Contemporary; Contrastive Analysis.
References
Abidah, Sa’idatul, and Suci Ramadhanti Febriani. “Application of Clustering Method in Arabic Learning to Improve Speaking Skills for High School Levels.” Tanwir Arabiyyah: Arabic As Foreign Language Journal 2, no. 2 (December 1, 2022): 109–122.
Affan, Mohammad. “Khazanah Arabo-Indofonie Dan Prospek Kajian Bahasa Dan Sastra Arab.” ICoIS: International Conference on Islamic Studies 1, no. 1 (2020): 175–181.
Arsyad, Azhar, and Nurcholish Majid. Bahasa Arab dan metode pengajarannya beberapa pokok pikiran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Arsyad, M. Husni. “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif Untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 7, no. 1 (June 27, 2019): 13–30.
Baroroh, R. Umi, and Fauziyah Nur Rahmawati. “Metode-Metode Dalam Pembelajaran Keterampilan Bahasa Arab Reseptif.” Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 9, no. 2 (September 16, 2020): 179–196.
Chatibul Umam. Aspek-Aspek Fundamental Dalam Mempelajari Bahasa Arab. Bandung: al-Ma’arif, 1980.
Cholid, Cholid. “Model NURS sebagai Alternatif Pembelajaran Keterampilan Membaca Bahasa Arab.” Takuana: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora 1, no. 1 (April 25, 2022): 26–39.
Dewantara, Andi Harpeni, Amir B, and Harnida Harnida. “Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis IT Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.” AL-GURFAH: Journal of Primary Education 1, no. 1 (February 1, 2021): 15–28.
Haleem, Abid, Mohd Javaid, Mohd Asim Qadri, and Rajiv Suman. “Understanding the Role of Digital Technologies in Education: A Review.” Sustainable Operations and Computers 3 (January 1, 2022): 275–285.
Hidayah, Nurul Latifatul. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Qiro`Ah (Ketrampilan Membaca) Bahasa Arab Dengan Cara Membaca Di Depan Kelas Dan Ditirukan.” Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab 6, no. 6 (October 1, 2022): 246–253.
Ilyas, M., and Abd Syahid. “Pentingnya Metodologi Pembelajaran Bagi Guru.” Al-Aulia: Jurnal Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Keislaman 4, no. 1 (July 15, 2018): 58–85.
Jailani, Mohammad, Wantini Wantini, Suyadi Suyadi, and Betty Mauli Rosa Bustam. “Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik Dalam Pembelajaran: Studi Kasus Pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6, no. 1 (June 30, 2021): 151–167.
Mulyani, Slamet. “Metode Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Telaah Buku Al-Lubab Quantum Reading Book Karya Ahmad Fakhruddin).” Akademika: Jurnal Keagamaan dan Pendidikan 16, no. 2 (2020): 221–236.
Nassif, Ali Bou, Ashraf Elnagar, Ismail Shahin, and Safaa Henno. “Deep Learning for Arabic Subjective Sentiment Analysis: Challenges and Research Opportunities.” Applied Soft Computing 98 (January 1, 2021): 106836.
Nazhyfa, Asti, Wiza Novia Rahmi, and Mahyudin Ritonga. “Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Menggunakan Thariqah Al-Qiro’ah: A Systemic Review.” Edukasi Lingua Sastra 20, no. 1 (April 29, 2022).
Pane, Akhiril. “Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam.” Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial 2, no. 1 (June 30, 2018): 77–88.
Rusdi, Rusdi. “Filsafat Pembelajaran Bahasa Arab Dan Realitas Sosial Pespektif Al-Qur`An.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 1, no. 1 (June 2, 2015): 19–49.
Shahla Hassan Hadi and Hamasat Mohamad Hasan. “Modern Trends in Teaching Arabic.” Nasaq 33, no. 3 (2022): 101–125.
Sudjani, Desky Halim, and Gungun Gunadi. “Thariqah Mubasyarah: Metode Pembelajaran Bahasa Arab Pada Perguruan Tinggi.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 1 (February 13, 2020): 39–46.
Takdir, Takdir. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Naskhi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Bahasa Arab 2, no. 1 (April 27, 2020): 40–58.
Tamaji, Sampiril Taurus. “Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Perspektif Filsafat Ilmu.” Al-Fakkaar 1, no. 2 (August 18, 2020): 80–104.
Thirumoorthy, G. “Outcome Based Education (OBE) Is Need of the Hour.” International Journal of Research -Granthaalayah 9, no. 4 (May 11, 2021): 571–582.
Ubadah, Ubadah. “Metode Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Palu.” Albariq: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 2 (December 17, 2020): 1–16.
Uliyah, Asnul, and Zakiyah Isnawati. “Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Shaut Al-Arabiyah 7, no. 1 (June 27, 2019): 31–43.
Usman, Basyiruddin. Metodologi pembelajaran agama Islam. Cet. 3. Jakarta: Penerbit Ciputat Press, 2005.
Wahid, Najihah Abd, Raja Hazirah Raja Sulaiman, Anas Mohd Yunus, and Normila Noruddin. “Sorotan Terhadap Metode Pengajaran Dan Pembelajaran Balaghah Tradisonal Dan Kontemporari [a Review of Both Traditional and Contemporary Teaching and Learning Arabic Rhetorical Methods].” International Journal of Advanced Research in Islamic Studies and Education 1, no. 3 (August 12, 2021): 15–25.
Wahyuni, Sri, Mahyudin Ritonga, and Windy Afrianti. “Systematic Review of Learning Method for Teaching Arabic Listening and Speaking Skills.” Al-Hayat: Journal of Islamic Education 7, no. 1 (January 27, 2023): 30–41.
Yahya, Yuangga Kurnia. “Pengaruh Penyebaran Islam di Timur Tengah dan Afrika Utara: Studi Geobudaya dan Geopolitik.” Al-Tsaqafa : Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 16, no. 1 (June 26, 2019): 44–62.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.